Monday, September 10, 2018

WA 085647520072 New Bido Computer, Bagaimana cara memilih tempat service komputer yang tepat?

Di era komputer yang semakin menjamur seperti sekarang ini, banyak perusahaan bahkan perorangan yang membutuhkan teknologi berupa komputer ini. Komputer hadir dalam berbagai macam, seperti Laptop, Netbook, Mini PC dan masih banyak macam yang lainnya.

1. Apakah pengertian Laptop?
Jawab :
Laptop adalah komputer bergerak (bisa dipindahkan dengan mudah) yang berukuran relatif kecil dan ringan, beratnya berkisar dari 1-6 kg, tergantung ukuran, bahan, dari spesifikasi laptop tersebut, laptop dapat digunakan dalam lingkungan yang berbeda dari komputer. Mereka termasuk layar, keyboard, dan trackpad atau trackball, yang berfungsi sebagai mouse . Karena laptop dimaksudkan untuk digunakan di mana saja, Laptop memiliki baterai yang memungkinkan untuk beroperasi tanpa terhubung ke stopkontak (sumber listrik). Laptop juga termasuk adaptor daya yang memungkinkan untuk menggunakan daya dari stopkontak dan mengisi kembali baterai.


Laptop secara signifikan lebih lambat daripada komputer desktop. tetapi kemajuan teknologi manufaktur telah memungkinkan laptop melakukan hampir sama dengan Komputer PC desktop. Bahkan, laptop high-end sering melakukan lebih baik daripada komputer desktop yang mempunyai spesifikasi rendah. Kebanyakan laptop juga mencakup beberapa I / O port, seperti USB port, yang memungkinkan keyboard standar dan mouse untuk digunakan dengan laptop. Laptop modern sering termasuk adaptor jaringan nirkabel / wireless, yang memungkinkan pengguna untuk mengakses Internet tanpa memerlukan kabel.

Sebuah komputer laptop, biasanya disebut komputer notebook oleh produsen, terdiri dari baterai atau AC-powered komputer pribadi umumnya lebih kecil daripada tas yang dapat dengan mudah diangkut dan mudah digunakan di perpustakaan, kantor,atau pada pertemuan tertentu. Sebuah laptop biasanya berat kurang dari £ 5 dan 3 inci atau kurang tergantung ketebalannya. Di antara pembuat paling terkenal dari komputer laptop adalah IBM, Apple, Compaq, Dell, dan Toshiba.
Laptop komputer umumnya lebih biaya dari komputer desktop dengan kemampuan yang sama karena mereka lebih sulit untuk merancang dan memproduksi. Sebuah laptop secara efektif dapat berubah menjadi sebuah komputer desktop dengan docking station , bingkai hardware yang memasok koneksi untuk input / output perangkat periferal seperti printer atau monitor yang lebih besar. Port replikator memungkinkan Anda untuk menghubungkan laptop ke sejumlah peripheral melalui colokan tunggal.
Laptop biasanya menggunakan teknologi layar tipis.terdiri dari transistor atau layar matriks aktif lebih cerah dan pandangan yang lebih baik pada sudut yang berbeda dari STN atau layar dual-scan. Laptop menggunakan beberapa pendekatan yang berbeda untuk mengintegrasikan mouse ke dalam keyboard, termasuk touch pad ,trackball , dan pointing stick. Sebuah port serial juga memungkinkan mouse biasa bisa terpasang.PC Card adalah perangkat keras insertable untuk menambahkan modem atau network card ke laptop. CD-ROM dan digital hard disk serbaguna memungkin built-in atau attachable.
2. Apakah pengertian Netbook?
Netbook merupakan salah satu varian dari komputer jinjing yang dirancang untuk memenuhi kebutuhan komunikasi nirkabel dan mengakses internetDengan rancangan utama untuk digunakan sebagai perangkat dalam merambah web, dan menulis surat elektronik, netbook sangat bergantung pada keberadaan internet untuk akses jarak jauh terhadap aplikasi berbasis web untuk pengguna yang tidak membutuhkan keberadaan komputer berspesifikasi tinggi. Netbook biasanya menggunakan Windows XP ataupun Linux sebagai basis sistem operasi daripada sistem operasi yang memakan sumber daya komputer yang lebih besar seperti Windows Vista. Ukuran perangkat ini berkisar 4,8 inci hingga lebih dari 13 inci,  umumnya memiliki berat antara 2 hingga 3 pon (~1 kg) dan biasanya lebih murah daripada laptop biasa yang umumnya berada dalam kisaran harga USS$400, bahkan beberapa di antaranya ditawarkan dengan harga antara US$50 hingga US$100. 


Nama
Istilah atau nama netbook sebenarnya merupakan penggabungan dari dua kata dasar: internet dan notebook.
Sejarah
Asal mula netbook dapat ditelusuri dari produk jajaran netbook milik Psion—perusahaan pembuat perangkat keras yang berasal dari London yang saat ini sudah tidak lagi dilanjutkan, Proyek satu laptop untuk tiap anak (OLPC), dan Palm Foleo. Ketiganya merupakan perangkat komputer yang berukuran kecil, ringan, dan mampu digunakan untuk mengakses jaringan. Kehadiran netbook mulai dikenal luas pada saat Asus mulai memperkenalkan jajaran produk ASUS Eee PC untuk mengisi kekosongan pasar.

Ukuran
Netbook mempunyai beberapa ukuran dari yang terkecil 7" hingga 11" karena gagdet ini tidak ditujukan untuk bekerja, karena ukuran layarnya yang kecil. Bahkan sekarang ini ada netbook ukuran saku. Umumnya perangkat yang sudah pasti terpasang di netbook adalah bluetooth, WiFi, LAN, USB, dan card reader.

Sistem Operasi


Netbook pada intinya sama dengan komputer meja atau conventional desktop, yaitu dapat memuat berbagai macam sistem operasi populer, seperti:
  • Linux
  • Windows
  • Mac os x

3. Apakah pengertian Mini PC?
Nettop merupakan desktop berukuran mini yang dirancang untuk mengerjakan pekerjaan dasar komputer seperti mengolah dokumen atau mengirim email layaknya komputer pada umumnya. Hanya saja, nettop lebih kecil, lebih terang, murah, serta lebih hemat energi dibanding komputer pada umumnya. Prosesor atom pada nettop hanya memiliki thermal power sebesar 4 watt yang berarti 16 kali lebih kecil daripada procesor PC biasa. Dan 9 kali lebih kecil dibanding prosesor notebook.Sehingga prosesor atom nettop mampu menghemat biaya penggunaan listrik hingga 50 persen. Nettop juga hemat tempat dan dapat ditempatkan di mana sajaDesain casing nettop hanya berukuran 1/3 ukuran casingbiasa. Nettop dengan prosesor intel Atom hanya membutuhkan daya maksimal 80 watt sehingga sangat sesuai untuk penggunaan(misalnya sekolah atau kelompok pendidikan)yang memiliki kapasitas daya listrik yang terbatas.Sehingga penggunaan AC hampir tidak diperlukan karena komputer nettop relative tidak panas(misalnya dalam penggunaan untuk lab komputer atau untuk lingkungan tropis di indonesia).


Sistem Operasi

Banyak sistem operasi yang dapat dipilih untuk nettop. Windows XP menjadi salah satu yang popular dan paling cocok untuk hardware standar saat ini. Namun, beberapa Nettop yang lebih canggih dan model Nettop yang akan datang akan mampu dijalankan dengan Windows Vista and Windows 7Linux juga telah dipakai oleh beberapa Nettop karena harganya yang murah dan mudah diinstall. Meskipun Google Android didesain untuk smart phone, sistem operasi ini juga dapat digunakan untuk nettop.


Pasar Nettop


Nettop diperkenalkan pertama kali oleh Intel untuk menggambarkan produk rendah biaya saat meluncurkan prosesor Intel Atom yang bernama Diamondville. Nettop didesain untuk menjalankan aplikasi dasar yang bisa dijual dengan harga terjangkau. Produk yang dikategorikan Intel sebagai “PC dasar” ini dijual dengan harga $100 sampai $299.
Perusahaan riset International Data Corporation (IDC) memperkirakan, nettop akan tumbuh paling tidak sampai 500 ribu unit pada 2007 dan menjadi 9 juta unit pada 2012. Sementara itu, Intel memperkirakan akan ada 60 juta unit “nettop dasar” pada 2011.
Nettop yang diestimasikan akan berfungsi sebagai komputer kedua juga akan popular di negara berkembang. Beberapa contoh Nettop yang ada di pasaran seperti CherryPalKooluASUS Eee BoxLinutopZonbu, dan gPC serta gPC mini yang dibuat oleh Everex. Selan itu ada juga Asus Eee Box dan desktop MSI Wind PC yang masih dalam pengembangan. HP kini juga meluncurkan dua nettop besutannya yaitu Compaq mini-Q 2030 yang disokong oleh 1,6Ghz prosesor dual core Atom 330, dengan memori DDR2 2GBdan dijual dengan harga US$386 serta Compaq mini-Q 2020 yang berharga US$296.
Di IndonesiaPC lokal yang mulai terjun di pasar nettop adalah PT Dragon Computer & Communication yang memproduksi PC Dragon yang dibanderol mulai dari US$ 230 dengan sistem operasi Microsoft Windows. Selain itu, kerjasama Zyrex dan Intel juga mengeluarkan Nettop bernama Tarsius yang didukung prosesor Intel Atom N230 1,6 GHzharddisk 160 GBmemori RAM sebesar 1 GBgrafis dan audio definisi tinggi, serta DVD combo.(IR/4384)

artikel diambil dari berbagai sumber:
1. Google
2. Wikipedia

No comments:

Post a Comment